Registrasi dan Lapor Diri Mahasiswa PPG LPTK

UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

crude2

Siapkan Berkas Lapor Diri Berikut

  1. File KTP;
  2. Scan Ijazah S-1 asli dan ijazah S-2 jika ada (PDF);
  3. Transkrip nilai S-1 asli (PDF);
  4. Surat izin mengikuti program PPG dari kepala madrasah/sekolah (PDF);
  5. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 cm berlatar belakang warna merah dengan ketentuan:

    a. Bagi Laki-laki memakai kemeja putih, dasi, dan jas berwarna hitam (tidak berkopiah/songkok/sorban/dll);

    b. Bagi Perempuan memakai kemeja putih, blazer hitam, dan jilbab putih;

  6. Pakta Integritas dari calon peserta bahwa dokumen yang diserahkan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya
    dan kesanggupan untuk mengikuti pelaksanaan PPG dari awal sampai akhir (PDF).

Contoh Surat Tugas dari Atasan

Contoh Format Pas Photo

Jadwal Kegiatan Lapor Diri Mahasiswa PPG Daljab

No Tanggal Pelaksanaan Kegiatan
1 22 - 31 Agustus 2025 Registrasi dan Lapor Diri secara Online:

  1. Membuat akun Registrasi dan Mengisi Form Biodata Mahasiswa Baru UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda secara online melalui laman   dengan menggunakan Nomor Siaga/NPK dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  2. Setelah melakukan registrasi dan pengisian form biodata diri, selanjutnya adalah mengunggah dokumen pada laman  

Dokumen Yang Diunggah:

  • File KTP;
  • Scan Ijazah S-1 asli dan ijazah S-2 jika ada (PDF) (Lampirkan surat keterangan perbaikan data dari Universitas bila memang ada);
  • Transkrip nilai S-1 asli (PDF);
  • Surat izin mengikuti program PPG dari kepala madrasah/sekolah (PDF);
  • Pakta Integritas;
  • Pasfoto dalam format JPG/JPEG dengan dimensi 720×480 pixel dan ukuran maksimal 200kb dengan kriteria sebagai berikut:
    • a. Bagi Laki-Laki WAJIB menggunakan jas hitam, kemeja putih polos dan berkerah serta dasi warna gelap
    • b. Bagi Perempuan WAJIB menggunakan jas hitam, kemeja putih polos dan berkerah serta kerudung putih (bagi yang berkerudung)
    • c. Tidak menggunakan kacamata
    • d. Background berwarna merah

CATATAN:

  • a. Calon mahasiswa yang TIDAK melakukan registrasi online sesuai jadwal di atas DINYATAKAN MENGUNDURKAN DIRI.
  • b. Jika ditemukan data TIDAK BENAR/PALSU maka akan dikenai sanksi sesuai aturan yang berlaku.
2 22 - 31 Agustus 2025 Mengunggah Dokumen Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL):

  1. Pengembangan Kompetensi Pedagogik. Dibuktikan dengan SK Pembagian Tugas Mengajar (Maksimal: 6 Tahun)
  2. Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Dibuktikan dengan dokumen Program Tahunan, Program Semester, Silabus, RPP, Materi Ajar, LKPD, Alat Peraga, dan Instrumen Penilaian (Maksimal: 6 Tahun)
  3. Pengembangan Kompetensi Profesional. Dibuktikan dengan Sertifikat/Piagam/Surat Keterangan Mengikuti Seminar/Pelatihan /Workshop atau Dokumen Hasil Penelitian/Publikasi Nasional/Publikasi Internasional (Maksimal: 6 Tahun)
  4. Pengelolaan Administrasi Pembelajaran. Dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah bahwa Guru Bersangkutan Telah Menyelesaikan Administrasi Pembelajaran, Administrasi Penilaian, Administrasi Peserta Didik, Administrasi Kegiatan Ekstrakurikuler (Maksimal: 6 Tahun)
  5. Inovasi Pembelajaran. Dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah bahwa Guru Bersangkutan Memiliki Karya Inovasi berupa Modul Pembelajaran/Pedoman Praktikum/PTK/Video Pembelajaran (Maksimal: 6 Tahun)

CATATAN:

  • a. Persyaratan berkas RPL (poin 1-5) dimasukkan dalam Google Drive masing-masing calon peserta, link masing-masing folder dicopy paste dalam laman
  • b. Pastikan link google drive dapat diakses oleh verifikator.

Rubrik Penilaian RPL

3 01 - 02 September 2025 Orientasi Mahasiswa PPG Daljab Transformasi Batch 3 Tahun 2025 LPTK UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda via Zoom/Daring.
4 03 September – 03 Oktober 2025 Pembelajaran Perkuliahan 3 Modul / 9 SKS (Mandiri).
5 04 - 08 Oktober 2025 Induksi dan Tryout LPTK.
6 11 - 12 Oktober 2025 Uji Pengetahuan (UP).
7 13 - 15 Oktober 2025 Unggah Video dan Perangkat Pembelajaran UKIN.
8 17 - 22 Oktober 2025 Uji Kinerja (UKIN) UKPPG oleh Penguji UKIN.